MEMBUAT ALMOND BUTTER SENDIRI?? KENAPA TIDAK!!

MEMBUAT ALMOND BUTTER SENDIRI?? KENAPA TIDAK!!

Bukin butter yang penuh dengan nutrisi diantaranya vitamin E, pottasium, magnesium, zat besi, kalsium, dan phosphorus? Harus pakai bahan apa ya?

Yup!! Kacang Almond!!, Kacang almond dipercaya memiliki banyak nutrisi seperti diatas dan  serat baik serta protein. Lalu bagaimana membuat kacang almond butter yang nikmat? Yang kita butuhkan adalah biji kacang almond, pengolah makanan (blender), dan sedikit rasa sabar. Kenapa rasa sabar? Karena prosesnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Alat :

  • Blender dengan pisau bentuk “S” dan spesifikasi high speed
  • Spatula atau sendok

Bahan :

  • Raw Almond 450 s/d 600 gr (tergantung ukuran blender)
  • Minyak Zaitun (optional)
  • Madu (optional)

 

Langsung saja menuju meja praktek kita.

Untuk mempermudah proses pembuatan, kita dapat terlebih melakukan pemanasan pada raw almond menggunakan oven/microwave pada suhu 125 derajat celcius dengan waktu 10-15 menit. Hal tersebut dapat membantu mangeluarkan kadar air pada biji almond sehingga dapat mempermudah proses penggilingan.

Tunggu sampai suhu almond yang di-oven tersebut sampai normal, baru kemudian kita masukan ke dalam blender. Hal tersebut untuk mengurangi resiko kerusakan pada blender akibat panasnya suhu.

Tuangkan keseluruhan biji almond pada blender. Anda dapat juga menambahkan Minyak Zaitun secukupnya (1-2 sedok teh) untuk mempermudah proses penggilingan dan menambah manfaat dari butter itu sendiri.

Mulai lakukan penggilingan, dalam proses ini anda harus menunggu/stand by. Hal tersebut dikarenakan biji almond yang sudah tergiling akan menempel pada dinding-dinding blender. Oleh karena itu kita perlu menghentikan blender setiap beberapa saat untuk mengorek gilingan almond yang menempel pada dinding blender agar kembali terkumpul di tengah, gunakan spatula atau sendok untuk mempermudah.

Setelah beberapa saat, kurang lebih 15 menit, maka hasil gilingan akan mulai menggumpal seiiring dengan keluarnya minyak alami dalam almond tersebut. Kurang lebih kondisi pada 15 menit pertama adalah seberti dibawah.

Lanjutkan proses penggilingan, dan jangan lupa selalu melakukan pengecekan dan kembali mengorek gilingan yang menempel di dinding blender supaya kembali ke tengah (posisi pisau). Setelah kurang lebih 20 menit, maka tekstur akan seperti gambar di bawah.

Ya… Semakin kental dan mendekati tekstur yang kita inginkan. Kembali lanjutkan proses seperti sebelumnya, sampai menemukan tekstur seperti di bawah (kurang lebih menit ke 30).

Nah inilah saatnya anda menambahkan perasa bila menginginkanya, dalam artikel ini adalah madu. Kemudian lakukan finishing penggilingan untuk sekedar mencampurkan rasa yang kita inginkan. Dan, Whaaala… this is it!! Almond butter made by my self..

Kesabaran!! Ya, memang kesabaran yang sedikit dibutuhkan. tapi semoga kesabaran anda berbuah manis dan lezat.. yummy…

 


Jika anda merasa mendapatkan manfaat dari artikel ini, yuk share ke teman2 anda agar mereka juga mendapatkan manfaat juga.

Demikian artikel MEMBUAT ALMOND BUTTER SENDIRI?? KENAPA TIDAK!! dari Ralalii.

Dapatkan Susu Almond Jogja hanya di Ralalii. Produk susu almond Ralalii bisa kamu dapatkan melalui Website, Go Food, Instagram atau di gerai partner kami.

Salam
Ralalii

 

 

Tinggalkan Balasan

×